Senin, 05 Mei 2008

Nama oh Nama

Ada yang tau artinya sebuah nama gak ? Sederhananya, nama yang kita sandang sebenarnya tidak mengandung apapun tentang cerminan diri kita. Walaupun orang tua memberikan nama, sedikitnya tanpa kalian sadari akan melekat dalam doa dan harapan orang tua tentang bagimana anaknya kelak. Tapi lebih kepada tergantung kita memandang diri sendiri seperti apa. Bisa aja, umpamanya kata ‘anu’ berarti baik di suatu tempat untuk sebuah nama. Artinya adalah pemimpin misalnya. Tapi di peradaban lain arti kata ‘anu’ itu ‘selangkangan kuda’. Nah lo! Tentu juga bukan ngasih nama anak gak ngaruh gitu. Ya yang enak didengarlah Gue lebih setuju nama yang lebih enak didenger. Walaupun gak sepenuhnya mencerminkan si yang punya nama… Setuju gak ?

(ENGAAAA…….K!!!!!!!!)

Gue udah tau dari awal pasti jawabannya begitu.

Nah berawal soal nama, gue ada pengalaman nih. Tentang lamunan gue di suatu hari.

Kalo gak mau baca cerita gue juga gak papa ko. Siap-siap aja gue kutuk jadi ingus. Hehe.

Nah, awal pertama kali gue masuk kuliahan, gue ngalamin masa yang gak bisa disebut biasa. Dari TK ke SD perasaannya kaya sekedar ganti kostum. Dari SD ke SMP. Perasaannya kaya bakal mecah pelajaran IPA ke Biologi dan Fisika; atau IPS ke Sejarah, Geografi dan Ekonomi. Dari SMP ke SMA, kaya bakalan pake celana panjang dan mulai bisa tengil-tengilan. Tapi dari SMA ke kuliah ? Beda.

Jadwal yang mencla-menle, bisa masuk jam 1 siang di hari senin, atau jam 7 pagi di hari sabtu. Atau mulai mengganti baju seragam dengan pakaian bebas.

Dan yang terakhir kegirangan dan berkata dalam batin “gue dah kuliah… gue ganteng… gue dah kuliah… gue ganteng…” Bisa juga gue gaya-gayaan di depan temen, waktu diajak mo reunian.

Temen : Iz… kumpul yo bareng anak XII IPA 4.

Gue : Gak bisa gue lagi sibuk kuliah, jadwal gue padet.

Temen : Lah, kan gue sekampus sama loe ! Bukannya kita lagi libur panjang ?

Gue : (mulai garuk-garuk pantat).. Oooo….

OK! Back to the mean of a “name”.

Gue kuliah di Universitan Bina Nusantara. Dulu ceritanya sebuah akademi pelatihan komputer yang cukup terkenal. Tapi berkembang dengan pesat menjadi sebuah kampus. Kalau orang menyingkat nama tempat kuliahan gue dengan BINUS. Cukup enak didenger.

Masalahnya, pas lagi gue bengong nama belakangnya yang selalu terngiang-ngiang. “nus,,, nuss,,,, Nussss,,,,, Anussss” Holly shit ! (berak suci)

Wah, gak enak lama-lama disingkat jadi Binus. Gue mulai cari iseng-iseng aja cari sibgkatan buat gue sendiri. Yang lebih ‘pop’ gitu.. Orang lain tenang-tenang aja kok. Lha, gue aneh sendiri. Ya pokoknya gue mau aja gak tau kenapa. Hehe.

Gue mulai nyingkat dari huruf kapitalnya jadi UBN (Universitas Bina Nusantara). Kayak nama bank jadinya. Mau gua singkat jadi BNU (Bina Nusantara University). Nama belakangnya kaya ‘majelis taklim’.

Soalnya kalo ngedenger temen-temen gue yang kuliah di tempat lain, namanya disingkatnya enak, misalnya :

~ ITB (Institut Teknologi Bandung). Ada kata IT nya (baca: Ai Ti). Sedep aja, jargonnya Teknik.

~UI (Universitas Indonesia). Wah kaliber ! Udah familiar kalo yang ini.

~UGM (Universitas Gajah Mada). Disingkatnya GAMMA. Sangat Sains..

~UniBraw (Universitas Brawijaya). Ada kata ‘Uni’nya kayak ‘Uni Eropa’.

~IPB (Institut Pertanian Bogor). Kalau diinggrisin jadi Bogor Agricultural Univerity atau BAU.

(maksa banget…)

Hehehe.

Gue cari ilham aja waktu gue berak sambil megang fotonya Hitler (ngapain coba?)

Nah. Gue menciptakan nama sendiri. Archipelago Development University. Uda liat kamus belom artinya. Gue juga gak ngeliat kamus kok. Ada bungkusan tahu aja yang ternyata sobekan kamus. Makannya gue lihat. (abis itu gue di D.O gara-gara tuduhan pencemaran nama baik. Huhuhu…)

Lho dengan nama baru bisa aja gue ditanya ‘Kuliah di mana lu Iz ?’ gue jawab ‘Archipelago Development University’. ‘Jurusan apa ?’ , ‘Sistem Informasi’. ‘Ohh.. lu kuliahnya di atas kapal laut ya ?’ Gimana coba gue jawabnya ? Wataw!

Bener juga kata Raditya Dika. Nama gak bisa diubah seenaknya. Shakespeare bilang, andaikan ‘mawar’ diubah namanya tak akan menghilangkan harumnya atau indahnya. Andaipun ‘Romeo’ diubah namanya tak mengurangi ketampananya, dan cintanya pada Juliet. Coba aja pikirin seandainya:

“Aku bawakan sekuntum e’ek untukmu bidadariku” atau “Bagai e’ek berduri”, Bayangkan… Wanita mana yang gak jatuh cinta epilepsi. Bisa juga kalau. Sastranya berubah menjadi ‘Marwoto dan Juliet’. Bisa-bisa Claire Danes yang meranin Juliet, manggil-manggil Leonardo di Caprio waktu cipokan pake nama “tooo… Marwoto… I love you so much…”.

Hahaha! Just kidding, jangan merinding.

Ah sudahlah. Begitulah risalah tentang nama. Sip. Gue mo berangkat kuliah.

Jangan lupa berdoa sebelum makan. Jangan lupa menutup resleting sebelum kencing.

Caw…


*klik~klik~klik*

1 komentar:

Unknown

iz..
Gw suka topik lo ini^^
hm..

Tp mnurut gw, nama yg diberikan pada kita ada 2 makna:
-sbagai berkah
-jg sbagai cobaan..
Mxd gw..
Contoh nama gw "Shabrina" yg dr b.Arab artinya "Kesabaran"..
nah klo sbg berkah, mxdnya niatan ngasi gw nama tsb biar gw jd org yg sabar atw mnjd ksabaran bwt org ln..
Tp..
trnyt gw trmasuk org yg gk sabaran..
&kdng jstru mbikin org ln msti ngomong "sabar2.." smbl nepuk dada, klo ngliat perilaku gw..
haha^o^ (emg gw brprilaku spt ap?)
Nah itu artinya "sabar" sbg cobaan..
Jd gw dksh nama itu, dgn cobaan brupa kesabaran..
Klo gw brhasil mlewati cobaan tsb dgn baik, maka yg akn gw dapetin adlh berkah.. brupa "Kesabaran".
Ribet ye?

Mngkn nama lo jg brarti ganda iz..
& saling Paradox..
Biasanya sih gtu..

Lha "Fadhlul Harz Kamil" artinya apa iz..?

Klo nama gw "Sabrina" mnurut bhs anglo-Saxon artinya Putri Raja..
(tp hti2, artinya bs aj gw jd org yg manja,ribet,sok kuasa,dsb..
disamping artinya jg baik,cantik,bermartabat,dsb..
tp smua itu paradox kan..
jg relatif..
trgantung penggunaan, energi yg dihasilkan, kalor yg dibutuhkan, massa benda, & kecepatan cahaya..
E=m.c2

Itu aj ko..
simpel kn?
^^


Klik~klik~klik..
(suara gmeletuk gigi palsu Oba-san)