Jumat, 18 April 2008

Rush Hour Gadungan Part 1

Hai wazzup today!!!

Btw…(bokong tepos waria)

Ada yang pernah nonton film “Rush Hour” ?

Artinya memang “jam padat” atau “jam macet”

Tapi gw mengartikannya sesuai dengan isi film “jam-terburu-buru”.

Walaupun gak sama, tapi mirip.

(apanya coba yang mirip?)

Ude miripin aja biar gw seneng. OK!


***


Senin 14 April


Jam 1 siang gw baru selesai mengerjakan tugas manajemen umum. Ada 1 bagian dari tugas yang gw sinyalir menyadur dari buku manajemen berbahasa Inggris tingkat tinggi belum sempet gw kerjain. Mau tau alasannya?


Bahasa Inggris gw masih fales.


Ngeliat jam uda jam 2an. Gw nelpon Yovie. Gw mau belajar bareng di kost-kostan nya. Abis mandi gw langsung naik ojek buat berangkat. Bukannya gw telanjang-telanjang nyegat ojek. Gw bisa dikirain siluman bakpao terbang. Jadi setelah mandi, andukan, ganti baju, pamit nyokap, setelah itu keluar dan nyegat tukang ojek. Gampang bukan?


Singkat waktu. Gw dah sampe di kost-an. Aris tiba-tiba dateng.

“Eh cing!... Sialan loe ya. Gw tungguin di tempatnya Indra juga. Malah kesini loe!”

“Sori Ris. Gw masih ngerjain MU. Kemaren kan loe bareng-bareng ngerjainnya. Nah gw? Oya…, Indra mana?”

“Nonton Nicholas Teo.”

“Siapa tuh?”

“Penyanyi bahasa mandarin gitu deh…”


Kita bertigapun mulai membahas soal. Pada suatu titik gw nanya.

“Eih… Loe berdua ada yang tau gak besok bagian Administrasi Mahasiswa kampus Anggrek bukanya jam berapa”

“Gw gak tau Iz, jam 7 kali!... Eh Ris loe tau gak?”

“Bukan jam 7. Enggak…, jam 8 persis!, emang buat apa loe nanya gitu?”

“Gw tuh mau ngumpulin ijazah gitu, karena tadi gw lupa bawa dan mungkin besok masih sempet. Soalnya gw kan belom dapet KMK (sejenis kartu ijin ujian). Kan kalo gak ada KMK gw gak boleh ikut UTS.Katanya sih ijazah gw ada yang nyangkut dan gw harus bawa satu yang dilegalisir. Aneh padahal semester kemaren gw bisa kok ikut ujian walapun ternyata ijazah gw ada yang nyangkut. Gw yakin udah kumpul. Administrasinya gak beres nih. Kaco! Ooo… jadi jam 8 ya Ris bukanya . Eh Yov, besok kita UTS jam berapa mulainya?”

Tanpa rasa iba dan semangat Bhineka Tunggal Ika pun Yovie menjawab dengan santai.

“hmmm…. 8”


Hancurlah peradaban.


Ini artinya gw harus balik ke rumah. Ada dua pilihan.


Yaitu naek metromini dilanjutin mikrolet nan murah. Bolak-balik 8 Ribu. Tapi bisa makan waktu 2 jam. Gw masih harus belajar. Yang jelas gak mungkin. Kalo gw gak belajar, gw gak bisa UTS. Kalo UTS gw luluh-lantah, gw bisa mengikuti SP (Semester Pendek). Program dimana memakai waktu libur untuk mengulang mata kuliah yang gagal. Duit dari mana? Bisa aja sih.


Jadi babi ngepet.


Nah. Yang tadi gak mungkin la yah. Sekarang giliran pilihan ke dua. Naek ojek. Hargannya 3 kali lipat. Bolak-balik bisa sampai 25 Ribu. Gw liat dompet ada duit 100 Ribuan. Selamet. Gw udah siap-siap berangkat. Yovie nyamperin gw. Dia nawarin supaya gw memakai motor dia. Lebih irit.


Bisa aja sih. Tapi terakhir sekali gw naik motor. Waktu boncengin adik sepupu gw, Rangga malem-malem pas ujan. Dia senewen akut. Takut mampus muda.OK. Gw naek ojek.


Cuacapun tidak bersahabat rupanya. (loe kate koruptor sama duit apa pake sahabatan segala?). Gw bolak-balik naek ojek dengan cuaca gerimis. Gw sedikit gemeter. Indikasi pertama meriang.


Shortly. Gw dah ambil 1 lembar ijazah di rumah dan mau mengajukan surat ‘wasiat’ tersebut ke Akademis kampus Anggrek. Sampai di kampus Anggrek gw ngeliat ada gelagat yang aneh. Sepi, tapi ada anak-anak Binus pake baju item seragam ngejaga pintu-pintu masuk. Ada apaan nih? Orang meninggal? Gak mungkin. Mereka keluar masuk dengan dandanan rapih dan mesem-mesem najong. Pasti bukan. Atau… Ada reality show terbaru yang disiarkan langsung di Binus karena Binus merupakan biang Game On-Line maka judul reality shownya, “Bermain DOTA bersama Pak SBY!!!”. Lebih gak mungkin.


Bagi yang gak tau DOTA. Itu singkatan dari Defense of the Ancients. Sejenis permainan game on-line. Tenang aja bagi yang gak tau atau gak bisa. Gw temenin kok. Main Tetris aja gw masih fales.


Gw mencoba masuk dari tangga menuju pintu utama dan disinilah misteri anak-anak mahasiswa berpakaian serba hitam pun terjawab.


Gw ditanya sama Pak Satpam.

“Mas, mau nonton Nichoas Teo?”

“Siapa tuh pak? Pesulap ya? Pawang kobra pak? Atau penari perut?”

“Saya juga gak tau mas?”

“Lho Iz ngapain?”, Ardi kebetulan lewat situ. Temen sekelas.

“Mo nonton Nicholas Teo ya?”

(amid-amid…)

“Enggak ko Di. Mau ngasih ijazah ke Admisi”

“O.. Loe mesti lewat basement. Pintu utama ditutup”


Pintu utama ditutup? Pasti Nicholas Teo tuh pawang kobra kelas wahid.


Pas sampai ke tangga menuju lantai dasar. Dua petugas-berseragam-hitam yang kayaknya juga mahasiswa Binus entah semester berapa ngehadang gw. Sopan sih nanyanya.


“Mau kemana kak? Mau nonton Nicholas Teo ya?”


Gw makin penasaran. Mungkin Nicholas Teo bisa maen suling dengan irama sedemikian merdu, taktis, terstruktur dan sarat akan daya magis sehingga kawanan kobra dapat berjoged poco-poco secara kolektif. Satu lagi. ‘kak’. Gw dipanggil kak lagi. Gw baru sadar. Gw tadi naek ojek dari rumah, pake jaket mirip tukang ojek dan membawa helm sendiri. Alhasil gw nenteng helm kemana-mana. Persis tukang kredit panci. Atau mahasiswa semester 8 yang haus akan hiburan karena di rumahnya gak ada TVdan Internet. Sampe-sampe dalam keadaan hujan masih rela menonton seorang pawang kobra.


“Oh.. Enggak. Saya mau ke Admisi kok”

“Oh, silahkan kak”


Gw lulus tes keamanan lapis pertama.


Ternyata masih ada satu petugas berseragam hitam juga.

“Mau kemana kak? Mau nonton Nicholas Teo ya?” Pertanyaan yang sama yang gak gw harapkan sama sekali. Udah kaya loop aja. Gw cukup menunjuk dengan gerakan seperti Gai Maito ke arah pintu Admisi. Cape ngomong badan lumayan meriang.


“Silahkan…”. Hore gw lulus lagi.


Terdengar suara nyanyian “… xing siau ul paupau ciule. siomay, capcay puyunghai…”. Oh… Iya, gw lupa yang Aris bilang tentang Indra. Nicholas Teo seorang penyanyi bahasa mandarin yang terkenal. Hipotesa akan Nicholas Teo mengenai pawang kobra kelas wahidpun pupus.


Gw berjalan tanpa menaruh firasat bahwa nasib akan mempermainkan diri gw secara semena-mena setelah memasuki ruangan Akademis. Gw pun masuk ke ruangan itu. Gw ngeliat ada petugas yang sedang tidak sibuk. Cewek. Tadinya gw pengen ngelontarin pertanyaan kaya “hai boleh kenalan gak?”, atau “hai lagi ngapain, ganggu gak?”. Tapi gw inget tujuan semula. Lagipula kalau urusan kenalan ato ngedeketin cewek, nyali gw seperti cacing kremi sedang cacingan.


“Uhhh… Saya mau ngasih Ijazah. Untuk ngelengkapin admisnistrasi yang belum beres. Dapet kartu kan nanti?”

“Iya, sebentar ya. Bisa liat kartu mahasiswanya”, diapun mencek status gw di komputer. Entah status apa. Disamakan ? Akreditasi E ? Yang jelas di komputer gak tertera dengan huruf capslock “JOMBLO”.


“Lho kamu belum mengumpulkan 4 dokumen. Yaitu surat nikah, surat pembebasan tahanan, surat tanah dan sertifikat Teletubies Fans Club”

(Boong deh.. masa petugasnya ngomong kaya gitu?)


“Lho kamu belum mengumpulkan 4 dokumen. 2 ijazah dan 2 surat tanda lulus”

Setau gw kemaren dimintanya Cuma satu ijazah kan? Gw mulai pura-pura lemes. Kemudian secara spontan dan spektakuler terjatuh dan kejang-kejang sebentar dengan gerakan tangan mencakar-mencakar lantai. Kemudian terkulai lemas. Gw pura-pura terkena Decompensatio Cordis atau bahasa umumnya gagal jantung. Boong deh!


Tokai!


“Mbak gini yah… bla bla…bla…”. Gw menerangkan bahwa 2 hari sebelumnya cuma diminta 1 lembar ijazah.

“Iya… Saya tau mas. Tapi kalau belum dikumpul mas tidak mendapatkan KMK.”

“Jadi saya harus apa? Bisa gak buat surat izin khusus untuk mengikuti ujian. Kemarin saya udah buat. Tapi hilang.”

“Oh bisa kok. Tenggang sampai hari Rabu lho. Kalo enggak mas akan di D.O.”


Gw uda sering mendengar berita atau realita tentang seorang mahasiswa yang terkena drop out. Yang pertama bisa karena finansial. Ini yang paling kasihan. Yang kedua ketahuan buka praktek dukun cabul, maen gaple di ruang dosen, nyimpen gele atau cimeng. Yang ini udah biasa. Atau yang terakhir karena masalah ketidakmampuan studi. Tapi belum pernah gw mendengar berita mahasiswa di D.O karena administrasi tengik ini!


“Yauda…, mas tanda tangan aja surat khusus ini. Kemudian beli materai 6.000”

Gw pun kebawah untuk membeli materai. Waktu di luar kampus di tempat fotokpi buat membeli sebuah materai. Gw meriang betulan, walaupun gak parah. Penyakit tersebut dinamakan MMC (meriang-meriang centil). Ketika kembali melewati basement menuju tangga ke lantai 1, 2 lapis sekuriti kelas S.W.A.T pun kembali mengulangi prosedur yang sama. Masak sih gak apal sama dandanan gw yang kaya tukang kredit panci ? Akhirnya gw menjawab dengan jawaban yang sama pula. Kaya Copy-Paste. Gak tau apa orang lagi terkena MMC. Gw mulai berfikir, kalo karena suatu hal sampe gw melewati 2 lapis sekuriti ‘Teo’ ini lagi untuk ketiga kalinya dan mereka mengulang pertanyaan yang sama. Gw akan memberikan jawaban yang berbeda.


“Mau nabok Nicholas Teo…”


Surat sakti mandraguna sudah di tangan dan gw bisa belajar dengan damai.


(Berlanjut ke bagian 2…)

0 komentar: