Jumat, 18 April 2008

Rush Hour Gadungan Part 2

Kisah yang tak punya pesan moral tertentu ini merupakan lanjutan dari bagian pertama…

***


Selasa 15 April


Hari UTS pertama telah dilewati dengan kesimpulan. “Bahan yang dikeluarin gak diajarin sama dosen”. Bagus. Bermacam-macam spekulasi bermunculan. Contohnya saja Handi, “Bahan UTS tentang matriks gak diajarin kayaknya sama pak Holder”. Ariz, “Iya nih.. Kita bakalan dapetin bonus nilai sesuai janji pak Holder karena bahannya gak diajarin”. Dan gw uda mati rasa karena betul-betul belajar tentang DFD (data flow diagram) tapi kenyataannya dari 7 soal, 4 keluar tentang Matriks. Ganteng. Saat temen gw sedang memperdebatkan soal sialan itu, gw cuma mengeluarkan komentar seperti “Huee hehehe…, O gitu ya…? Hahaha….”. Sampai perdebatan selesai.


Singkat cerita.


Malem harinya gw belajar MU sampai larut. Tepat pukul 10.56. Gw ber YM ria dengan Yovie. Bisa memanfaatkan YM (yahoo messenger) buat tuker-tuker kisi-kisi merupakan hal yang sangat bermanfaat. Tiba-tiba seberkas memori yang hilang tiba-tiba kembali lagi seakan-akan masuk dari sum-sum tulang belakang menuju otak belakang dan menyerang kepala gw tanpa ampun. 4 dokumen yang belum dikumpulkan, belum bener-bener gw kumpulkan. Bagus. Gw lupa. Dan tahukah kalian apa artinya itu? Gw besok gak ikut ujian mata kuliah Manajemen Umum. Keren!


Gw langsung membabi buta bertanya untuk urusan ini ke Yovie melalui YM dan telpon.


Percakapan telpon:
“Yov, gimana nih! Mampus gw besok gak bisa ujian MU !”

“Lho, knapa Iz?”

“Tadi sore lupa ngumpulin 4 dokumen padahal uda direncanain tadi siang!”

“Lha, salah sendiri…”

Sungguh tidak berkeprike-alien-nan.

“Gini aja, pagi-pagi jam 7 loe pantengin aja Admisi anggrek biar bisa kumpul”

“KAMPRET LU! ADMISI BUKANYA JAM 8!!!”

“O… Hahaha… Iye boz, gw lupa. Nah, trus gmana dong? Ntar deh gw tanya Tomo, dia udah pernah kaya gitu”


Setelah nanya sama Tomo, temen satu kost-an Yovie. Singkatnya besok gw bisa minta. Surat izin di Syahdan buat ngikutin ujian sementara dengan alasan dokumen masuk sebagai mahasiswa sedang diproses. Gw mungkin telat setengah jam karena dari Syahdan ke Anggrek makan waktu. Gak apa-apa sih. Daripada gak ikut sama sekali? Hari terselamatkan.

Shortly…


Pagi yang cerah untuk mengikuti ujian. Diboncengi oleh supir ojek yang duduk dimuka ku duduk di belakang pak ojek yang sedang bekerja. Mengendarai ojek supaya standing jalannya. Gw pun sampai di Syahdan. Dengan lari seperti pinguin gw langsung mendobrak pintu Layanan Mahasiswa. (ya enggak lah…). Gw pun membuka pintu Layanan Mahasiswa. Gw mengambil karcis antrian dan duduk dengan damai. Waktu terus berjalan, dan temen-temen sekelas gw sedang asik-asiknya ngerjain soal. 5 menit… Gw berfikir supaya giliran gw untuk mengurus kartu ijin terlambat dipercepat. Tapi bagaimana?


Gw pura-pura terserang epilepsi *)


ilustrasi diperagakan oleh model dengan disensor. hal tersebut

bertujuan untuk menghindari tuntutan pencemaran atas nama baik.

beneran lho!!!

(asli: ini gw acting lebay aja)


Ya enggak lah! Akhirnya nomor gw dipanggil. “B 82!”, kata seorang petugas.

Dengan semangat spartan gw salto dari tempat duduk langsung ke bangku petugas.


Ada yang bisa dibantu mas?”

“Maaf, mbak begini. Jam 8 saya harus ujian dan tahukah mbak sekarang jam berapa ?”


8.10


“T..t.. tapi saya b…b belum mendapatkan KMK. Saya m…m..emang di suruh untuk m..mengumpulkan 1 berkas yaitu ijazah oleh Admisi anggrek. Tetapi k..k..keeseokan harinya setelah saya m..m…mengumpulkan, m.mm.alah petugas yang lain mengatakan b..b.bahwa saya harus mengumpulkan 4 d..d..dokumen yaitu 2 STL dan 2 Ijazah. Administrasinya .g.g..gak beres khan mbak! Maaf, ini bukan kesalahan saya sepihak….”. Gw berbicara terengah-engah bukan karena mau berak di celana, tapi karena MMC disebabkan oleh RUSH HOUR.


“Mbak bisa membuatkan semacam surat ijin keterlambatan ujian gak mbak. Supaya saya bisa ujian sekarang juga mbak. Nanti siang saya mau menuntaskan masalah administrasi ini sampai tuntas”

“Mas kenapa gak dateng aja tadi pagi. Jam 7 udah buka kok..”. Semalem Yovie bilangnya jam 8 deh kalo gak salah, iya kan?


Makasih Yov.


“Kalau untuk UTS kami buka lebih pagi mas, begitu… Tapi gimana yah mas, kami gak bisa membuat surat semacam itu.” Ini berarti gw gak bisa ikut UTS untuk mata kuliah MU. Gw kembali lagi mau ngerencanain pura-pura epilepsi lagi. Kan lumayan, permintaan gw bisa dikabulin. Tapi gw batalin niat busuk itu. Ntar malah dicekokin sama Carbamazepine, sejenis obat epilepsi. Kalo efeknya kebadan gw gak cocok gimana. Kayak tumbuh rambut di gusi atau selangkangan gw bernanah. Tidaaakk…!

“Saya coba telpon Admisi Anggrek dulu mas”


Voila!


Gw pun bisa mengikuti ujian dengan damai sentosa. Kartu KMK di tangan dan 4 surat ‘wasiat’ itu mereka yang urus. Gw tiba-tiba merasa jatuh cinta sama tuh mbak.


Gw pun berlari secepat-cepatnya. Menghampiri tukang ojek yang gw suruh tunggu dulu dari tadi. Dan tancap gas ke kampus Anggrek. (background sound: Ready Steady Go! – laruku).


Walhasil gw sampai di depan kampus Anggrek. Untung gak ada orang berseragam hitam dan nanya “mau apa mas?”. Gw akan lantang menjawab, “UTS BARENG NICHOLAS TEO!!!”. Gw mulai memasuki gedung. Mau naik lift tapi malah lama. Masih nyangkut di lantai atas. Akhirnya gw berlari dengan kilat. Banyak anak-anak Binus lagi belajar. Gw takut diteriakin, “COPET!!!!” atau ditangkap petugas patroli anjing liar. (emang ada apa di Jakarta, kucing-kucing kurap aja berkeliaran..!)


Eskalator ke lantai dua.

Eskalator ke lantai tiga.

Eskalator ke lantai empat. Gw menuju ruang 404 tempat gw UTS. Surprise!!! Gak ada siapa-siapa. Pintu dikunci. Cuma ada petugas yang lagi ngepel di lanati itu. Gw pun berteriak-teriak hiperbolis kritis tanpa otak. “HAH…! Apa-apaan mana anak-anak? Dimana, pindah ke mana? Mati gua! Gak ikut UTS!!! Mamaaaaaaaaa!!!”


Petugas yang lagi ngepel itu ngeliat gw dengan muka ngeyek. Apa coba? Tiba-tiba dia nunjuk suatu kertas bewarna merah yang terpampang jelas di pintu.

“UJIAN MATA KULIAH MANAJEMEN UMUM DI RUANGAN 404 TELAH DIPINDAHKAN KE RUANG 706. Tertanda: Akademis”


BEGO GUA!


Gw baru tau. Ekspresi yang ditunjukan oleh petugas tadi bukan ekspresi ngeyek tapi ekspresi mau nyumpel kanebo ke mulut gw. Gw pun melajutkan adegan dikejar mucikari dengan berlari dengan tergopoh-gopoh.


Eskalator ke lantai lima. Gw masih ngibrit.

Eskalator ke lantai enam. Gw masih kuat.

Eskalator ke lantai tujuh. Gw udah celeng kaya abis nyimeng. Kalo gw gak hati-hati dan menjaga keseimbangan bisa ngegelinding gw. Khan gak seru kalo gw ngegelinding dan ada anak-anak cewek ngeliat. Ntar mereka teriak, “Kyaaa!!!! ADA SILUMAN BABI NGEGELINDING DI ESCALATOR!!!! Panggil sekuruti… PANGGIIIILLLLL!!!!!!!!!!!”


Sumpah, nafas gw udah bener-bener ngos-ngosan. Mungkin karena bakat asma yang gw idap. Gw pun memasuki ruangan 706 dengan nyawa di ujung tenggorokan. Anak-anak satu ruangan pada ketawa kecil. Pengawas ujian pun juga ikut-ikutan. Gw udah curiga sejak awal. Pasti diketawain. Gw tau apa yang ada di benak mereka. Pasti mereka mengira gw terlambat karena disfungsi alarm atau korban kebiadaban lalu lintas kota Jakarta. Jakarta itu keras kapten!!! Ya Allah ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Hehehehe….


Pengawas bertanya dengan santai.

Pengawas : Kenapa kok terlambat?

Gw : (senyum-senyum najong, karena alasannya sangat panjang)

Pengawas : Kok bisa terlambat sih?

Gw : (senyum-senyum najong, karena alasannya sangat panjang)

Pengawas : Yauda kamu ke akademis aja ambil surat keterlambatan.

Gw : (ekspresi muka berubah seperti abis tersedak gulai titit kambing)


Anak-anak yang lain masih ketawa kecil. Gw keluar dengan diiringi cekikik-tengik. Thx. to audience!


Gw berlari menuju Akademis yang berada di lantai dua. Naek lift. Kebetulan di dalam lift ada mas-mas. Gw terengah-engah dalam lift, masih ngos-ngosan. Gw perhatiin dia malah merhatiin gw dengan ekspresi anak yang takut akan pedofillia. Lantai lift menunjukkan lantai 2. Gw pun keluar dan masuk ke ruang Akademis.


Di tempat itu gw bertemu dengan petugas dan ia mengatakan ada keperluan apa. Seorang bapak berwajah ramah. Gw pun menceritakan.

“Wah gak bisa gitu mas. Udah terlambat, baru lima menit. Gak bisa minta surat ijin terlambat”

Gw mulai berfikir akan mengatakan ini, “Ini saya ada duit 100.000 masak sih lima menit aja diitungin toh pak. Ngerti kan maksud saya?” Tapi gw takut di gampar.


Ternyata bapak itu mengizinkan dan gw boleh ikut ujian di ruangan Akademis.

Gw pun menjawab soal dengan lancar. Terimah kasih bapak! Saya mulai jatuh cinta pada bapak !!!


HURRAY!!!



***


Nah sekian dulu ceritanya yah. Sampai gw ngepost tulisan ini gw lagi mau menghadapi UTS Pengembangan Sistem Informasi. Bagi yang masih UTS saya doakan semoga berhasil. Bagi adek-adek kelas di Boedoet (SMA Negeri 1 Jakarta). Mudah mudahan kalian lulus 100% saya doakan pasti. Untuk adek-adek sepupu gw, Rangga yang mau masuk SMA dan Ghea yang mau masuk SMP, berjuang ya!!! Kalian pasti bisa! Tapi bagi yang mau tau rahasia begadang. Bisa ngeliat postingan gw sebelumnya.


OCHE!!! Wassalamualaikum




*klik~klik~klik*

2 komentar:

Unknown

Walah2 iz...
setelah gw mmbaca riwayatmu di atas..

Kasihan skali dikau nak.. smp2 epilepsi..
hahaha!
Postingan lo ngaco smua..
(ad bnernya jg sh..)
^o^
gilee jg..
Demi UTS smp kerepotan gitu..
makanya dpersiapkan dr jauh2 hari nak..
hahaha... ^^

Gw jd pngn liat Penguin lari.
Imajinasimu keren nak..

Saya suka blog anda..

hahaha...

Iz..
Hr ni Berto ultah, udh ksh slamet blm..?

Oya, jgn lupa buking Armada ye..
c u..

nadyaja

Wah gila penulisanlo memang mantab dan memukau!!

Dengan bahasa yang santai namun jenaka dan tidak terkesan fiktiff!!

Hebat-Hebat-Hebat!!
Kamu memang berbakat aiss!!

Kalo dipikir-pikir lo seni banget jugaya orangnya ck-ck-ck

.....-0-0-0-0-0-0-0-0-..........

anyway...
gue jadi pingin kuliah di indo deh kayanya seru banget gila.. ngeliat ceritalo kayanya heboh banget.. tau gasih disinituh dataaarrr banget.. hhuuuuu!! :(

Nad kangen lo!

(ps: sorri tadi gue lagi main biggest brain :P)